Selasa, 28 September 2010

Review Nokia C3 – Handphone Murah Dengan Fitur PushMail, Chatting, & Community

C3 merupakan ponsel terbaru besutan dari Nokia. Dijual kepasaran pertama kali tanggal 5 Juni 2010. Bagaimanakah kemampuan ponsel ini? Apakah cukup mumpuni? Berikut ini sedikit ulasannya. Maaf gambar screenshotnya agak kabur, fotonya cuma pakai ponsel :D

Ponsel ini mengusung bentuk qwert. Tombol yang disuguhkan tidak keras namun tidak juga terlalu empuk. Lumayan enak digunakan. Terdapat 2 tombol shortcut untuk phonebook dan sms dibagian bawah layar. Untuk navigasi dipergunakan sistem d-pad.

Bagian belakang ponsel terdapat kamera 2 mega pixel tanpa flash dan mirror. Sebelah kiri ponsel terdapat slot untuk kabel data (micro usb), slot mmc dan tombol untuk membuka tutup baterai. Sayangnya kabel data dan mmc tidak disertakan. Bagian atas terdapat lubang charge dan headset 3,5mm. Bagian bawah tidak terdapat apa2.

Layar Depan

Sistem operasi yang digunakan adalah series 40. Layar depan diisi oleh 3 kolom berupa widget dan shortcut. Dimana defaultnya terdapat kontak favorit, facebook serta link shortcut.

Menu

Disinilah fitur yang ingin ditonjolkan. Update facebook terbaru akan muncul di halaman depan. Disertai info permintaan teman dan inbox. Saat diklik akan menuju aplikasi Komunitas.

Nokia Komunitas - Facebook

Aplikasi komunitas merupakan bagian dari Nokia Messaging. Dimana yang lain adalah mail dan chat. Selain Facebook juga mendukung Twitter. Namun hanya bisa diset salah satu saja di widget layar depan.

Nokia Komunitas - Twitter

Aplikasi komunitas ini mendukung mengirim foto ke Facebook langsung dari kamera maupun file. Yang kurang dari aplikasi ini adalah tidak ada pemberitahuan apabila ada komentar baru serta agak lama memuat isi Facebook/Twitter.

Nokia Mail

Fitur Messaging hanya bisa dipergunakan oleh operator tertentu yang bekerjasama dengan Nokia. Jika menggunakan operator lain maka akan ada layanan yang hilang. Misalnya saja chat hanya bisa ovi chat, email hanya bisa ovi mail dan komunitas hanya ada Facebook Aplikasi messaging di Nokia C3 relatif lebih cepat daripada di s60.

Nokia Chat

Notifikasi

Setiap ada email dan chat baru, Anda akan mendapat notifikasi. Saat dicoba untuk chat selalu ada notifikasi. Namun untuk email kadang tidak ada notifikasi. Aplikasi chat bisa untuk multi chat yaitu ym, msn, gtak dan ovi. Tapi tidak bisa dobel akun yang sama misalnya dua buah Yahoo. Tidak mendukung pula untuk mengirim file.

Player

Kinerja ponsel ini kurang begitu responsif. Untuk membuka menu maupun beragam aplikasi kurang cepat. Agak lemot tapi tidak terlalu lambat. Apakah bisa multitasking? Tidak bisa apabila Anda ingin membuka 2 aplikasi misalnya Opera Mini dengan Ebuddy.

Ponsel ini hanya bisa multitasking dengan radio, audio player bawaan dan aplikasi Nokia Chat. Tidak bisa untuk minimize aplikasi yang berjalan(kecuali radio, player dan chat bawaan). Berpindah antara aplikasi ke chat harus menutup aplikasi yang aktif tersebut.

Opera Mini 5. Bawaan asli adalah Opmin 4.2

Anda bisa menginstall beragam aplikasi java di ponsel ini. Opera Mini 5, Ebuddy serta Migg 33 bisa berjalan meski kadang lemot waktu mengetik text. Tidak ada aplikasi office bawaan ponsel. Ponsel ini juga mendukung untuk membaca isi ponsel, sehingga dimungkinkan untuk upload semisal dari Opera Mini 5.

Fitur perpesanan lain adalah sms dan mms. Yang menonjol adalah bisa menampilkan sms dengan tampilan seperti chat. Selain itu huruf dapat diubah menjadi besar.

Jaringan yang dipergunakan adalah edge. Jadi tidak terlalu cepat namun apabila lancar maka cukup lumayan juga. Selain browser bawaan disertakan juga Operamini 4.2. Lebih cepat mempergunakan Opera Mini dibandingkan dengan browser bawaan ponsel. Anda bisa mengganti Opera Mini 4.2 ke Opera Mini 5.

Selain itu Anda bisa mempergunakan wifi untuk berselancar. Namun saat saya coba untuk konek dengan wifi dengan akses point laptop tidak mau detek. Tapi bisa dengan wifi biasa.

Bluetooth bisa berjalan lancar, antar ponsel maupun dengan laptop. Ponsel bisa juga dijadikan modem dengan kecepatan edge. Softwarenya tidak disertakan jadi harus download sendiri Ovi Suite dari website Nokia.

Sampel Hasil Foto

Kamera yang disediakan beresolusi 2mp dan belum autofokus.Hasilnya tidak begitu bagus jika memotret ditempat kurang cahaya karena tidak tersedia flash. Kualitas gambarnya menengah kebawah. Selain itu agak susah juga untuk motret diri sendiri karena tidak ada mirror disamping kamera.

Untuk charging dibutuhkan waktu lumayan lama yaitu sekitar 4 jam, baterai Li-Ion BL-5J 1.320 mAh ini sanggup menghidupi ponsel selama kurang lebih 1-1,5 hari apabila dipakai secara aktif.

Sebenarnya ponsel ini cukup bagus terutama fitur messagingnya. Sayangnya tiadanya multitasking penuh serta kinerja yang kurang responsif bisa menjadi salah satu kekurangannya.

Bagaimana jika dibandingkan dengan E63, tentu saja lebih bagus dan responsif E63 daripada C3, namun E63 tidak ada widget dilayar depan. Sebenarnya tidak sebanding antara C3 dengan E63 karena berbeda kelas. Namun jika harga di pasaran saat ini masih beda tipis antara keduanya lebih baik menunggu sampai turun.

Nokia C3 harga idealnya adalah 1 jutaan kebawah. Harga resminya saat ini Rp. 1.159.999. Tapi dicounter kadang lebih tinggi. Ditunggu saja, suatu saat pasti akan mencapai harga dibawah satu juta :D

Semoga Bermanfaat

0 comments:

Posting Komentar