Sabtu, 25 September 2010

Software Translator? Penting Banget!

Pekerjaan Anda berhubungan dengan penerjemahan? Jika ya, apakah Anda menerjemahkan secara manual atau perangkat khusus (software) tertentu? Software apakah yang Anda percaya untuk mempermudah pekerjaan Anda?

Ada banyak sekali software penerjemahan yang dapat Anda pilih, tergantung apakah kebutuhan Anda hanya sebatas menerjemahkan ke dalam satu bahasa asing saja atau malah ke beberapa bahasa.

Berikut ini adalah 3 software penerjemahan yang bersaing di pasaran dan sekilas mengenai uraian masing-masing produk.

Translation XP

Software translator yang satu ini akan membantu Anda dalam menerjemahkan teks berbahasa Indonesia ke Inggris (dan sebaliknya) dengan hasil yang cukup akurat mendekati kaidah tata bahasa yang ditujuk. Maka dari itu, terdapat keterangan tersendiri pada hasil terjemahan. Pada proses menerjemahkan dalam bahasa Inggris, perangkat lunak yang satu ini mampu sampai mengidentifikasi tenses dengan kecepatan penerjemahan 2700 karakter/detik. Sangat cepat memang. Hebat dan murah.

Setiap paket software ini dibandrol Rp135.000 untuk Professional Edition 2009. Dan, Anda hanya perlu membayar Rp300.000 untuk Enterprise Edition yang menyediakan penerjemahan sampai 16 bahasa. Tapi, perlu diketahui bahwa program ini hanya dapat dioperasikan sampai Windows Vista, untuk pemakai Windows 7 dan seterusnya wajib bersabar menunggu produk selanjutnya.

ReksoTranslator

Dalam situsnya, reksotranslator.com, Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai alat bantu penerjemahan yang melingkupi bidang ilmu eksakta dan noneksakta. Kecanggihan dari software yang satu ini adalah tingkat kesensitivitasnya untuk menerjemahkan satu kata yang memiliki dua arti berbeda. Waktu penerjemahan adalah satu detik untuk per halaman.

Hmm... patut dicoba ya! Anda bisa mendapatkan yang satu ini dengan harga Rp900.000 untuk pemakaian personal dan harga untuk pemakaian perusahaan baru dapat Anda ketahui dengan menghubungi call center yang siap melayani Anda. Versi 4 dari software ini baru dapat dipakai untuk Windows Vista.

Babylon

Babylon diakui memiliki tingkat keakuratan penerjemahan jempolan. Software yang satu ini menyediakan pilihan bahasa yang banyak, yaitu 17 bahasa, di antaranya bahasa Spanyol, Prancis, Italia, China, Jepang, Jerman, dan Indonesia. Jika ingin membuktikan kinerja Babylon, cobalah menerjemahkan sebuah teks dan hasilnya bisa diandalkan walaupun Anda tetap harus mengeceknya kembali. Perangkat yang satu ini dijual dengan harga US$118

Masih banyak software terjemahan lainnya yang juga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk dibeli, antara lain Power Translator dan LingvoSoft. Power Translator menempati urutan pertama dalam 9 software terbaik 2010 versi situs TopTen Reviews.

Soal keramahannya dengan Windows, software ini memang jagonya karena kompatibel untuk Windows XP sampai 7. Harganya hanya US$99.99 dan mampu support file dengan berbagai format. Sayangnya, yang satu ini tidak menyediakan penerjemahan dalam bahasa Indonesia.

Tips-Tips Memilih Software Penerjemahan:

* Carilah informasi seputar produk yang akan Anda beli. Banyak penyedia jasa review terpercaya di dunia maya yang bisa menguraikan kelebihan dan kekurangan produk tersebut atau minta rekomendasi dari kenalan Anda yang menggunakan software penerjemahan.
* Jika Anda tidak ingin salah pilih, jangan hanya tertuju pada satu produk. Produk lainnya boleh jadi menyediakan kemudahan yang lebih banyak.
* Kunjungi situs resmi produsen software yang Anda pilih dan jangan membeli di sembarang toko. Kualitas produk asli tentu berbeda dengan bajakan.
* Jika Anda juga berprofesi sebagai editor, maka pastikan apakah produk yang akan Anda beli dapat dikostumisasi sendiri atau tidak.

0 comments:

Posting Komentar